Jakarta - Mertua Gayus Tambunan kena getahnya gara-gara pegawai Pajak golongan III A tersebut jadi buah bibir. Rumahnya didatangi oleh pemburu berita untuk mengorek latar belakang Gayus yang kini tak diketahui jejaknya itu.

Tetangga sekitar menyebutkan, keluarga mertua Gayus dikenal tertutup. Keluarga Ida Ayu, nama ibu mertua Gayus, jarang bersosialisasi dengan tetangga kendati sudah menetap belasan tahun.

Pantauan detikcom di rumah mertua Gayus Tambunan, Jl Cempaka Nomor 7, RT 3/RW 12, Rawabadak, Koja, Jakarta Utara, Kamis (25/3/2010), rumah itu tertutup. Penghuni di dalam rumah itu tak merespons kendati detikcom mencoba mengetuk dan memencet bel berulang kali.

Rumahnya cukup besar dan tak bertingkat. Dari luar, lebar rumah itu sekitar 10 meter. Halaman rumah yang luasnya sekitar 4 x 2 meter ditanami pohon jambu air berdaun lebat sehingga membuat rimbun rumah itu. Pot-pot tanaman menghiasi halaman itu.

Di garasi tampak Yamaha Jupiter bernopol B 6119 TOB terparkir. Rumah yang temboknya bercat krem itu berpagar besi hijau setinggi 1,5 meter dengan plastik fiber menutup kisi-kisinya. Rumah itu seperti rumah di Perumnas pada umumnya, tidak semewah kediaman Gayus di Gading Park View yang mentereng.

Ketua RT 3 Darno mengatakan keluarga Ida Ayu cukup tertutup dan jarang bergaul dengan warga.

"Sekeluarga tertutup sekali. Saya sebagai ketua RT saja susah nemuin. Dulu saya ngasih undangan pemilu sampai datang 5 kali ke rumahnya, tapi nggak ketemu," ujar Darno.

Belum lama ini, imbuh Darno, dia juga memberikan surat tagihan Pajak Bumi dan Bangunan. Namun tetap saja dia susah bertemu dengan keluarga itu. "Sampai saya titipkan tetangga sebelahnya," imbuh Darno.

Darno yang sudah 20 tahun tinggal di situ tidak mengenal Ida Ayu dan kedua anaknya yaitu istri Gayus dan adiknya, Muhamad Raditya Wibisana. Tetangga sebelah rumah pun, imbuhnya, tidak mengenal keluarga itu.

"Jangan kata saya RT-nya, tetangga sebelahnya saja nggak ada yang kenal. Itu sekeluarga benar-benar tertutup. Dan warga saya yang begitu ya cuma itu," kata Darno.

Darno mengaku mengenal Gayus kendati tidak akrab. "Saya pribadi dan warga juga kenal walaupun dia cuma mantu di situ," jelasnya.

0 comments