Binatang ini tergolong unik, lantaran mungkin menjadi satu-satunya binatang yang berjalan mundur. Karena itulah dia diberi nama undur-undur. Bentuknya kecil, lebih kecil dari lebah, dan lebih besar dari kutu. Hidupnya di debu kering di dekat rumah. Biasanya, hewan kecil ini digunakan untuk mainan anak-anak dengan mengikat benang tipis pada kaki undur-undur.


Ternyata tidak hanya untuk mainan, hewan unik ini diyakini oleh sebagiajavascript:void(0)n masyarakat dapat menghilangkan penyakit diabetes. Caranya, undur-undur itu tinggal ditelan mentah-mentah dengan dicuci dulu sebelumnya. Bila nggak tahan, dapat dicampur dengan makanan lain atau air putih seperti menelan obat.

Khasiat undur-undur sudah menjadi perbincangan lama. Di beberapa milis, manfaat undur-undur lebih mengarah kepada pengobatan tradisional meski terus diperdebatkan secara akademis. Sampai-sampai, konon RA Kartini pernah menyebut beberapa serangga sawah bias menyembuhkan yang membuat ahli kedokteran ilmiah menyerah.
Pengalaman mengkonsumsi undur-undur untuk mengobati diabetes yang diidapnya juga dialami Sukirmo. Sejak 2002 lelaki berusia 61 tahun ini menderita diabetes. Tahun 2005 ia menderita penyakit tambahan karena adanya luka akibat kadar gula darah yang tidak kunjung stabil. Penyakitnya adalah gangrene di kaki kanan.

Meski telah minum berbagai obat, luka di bawah jempol kaki kanan tak kunjung sembuh, malah bertambah parah. Tak ayal dokter menganjurkan agar kakinya diamputasi.
Sampai ia menuruti anjuran untuk mengkonsumsi undur-undur hidup. Setelah sebulan mengkonsumsi undur-undur, luka di kakinya mengering tanpa berbekas. Kadar gula darahnya pun mulai stabil.

Jenis undur-undur ada 2, PERTAMA, undur-undur yang hidup di darat.
Undur-undur darat banyak ditemui di sekitar rumah dengan halaman tanah kering dan berpasir. Rumah undur-undur yang berbentuk lubang yang mengerucut ke bawah berfungsi sebagai perangkap untuk menangkap makanan (semut, laba-laba kecil).
Binatang ini masuk dalam jenis Ordo Neuroptera (serangga bersayap jala), dengan mulut menggigil dan mempunyai dua pasang sayap yang urat-uratnya berbentuk jala.
Siklus hidupnya dari telur, larva, pupa (kepompong), sehingga undur-undur merupakan larva dari suatu fase metamorfosis sempurna serangga.
KEDUA undur-undur yang hidup di darat.
Biasanya dipakai untuk umpan dalam memancing.. Kalau di pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, undur-undur laut ini dibuat rempeyek undur-undur.
Undur-undur laut mempunyai khasiat yang sama dengan undur-undur darat Undur-undur laut mengandung asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) tinggi. Undur - undur laut biasanya dipakai sebagai umpan untuk memancing, tetapi undur - undur laut ini juga memiliki khasiat yang sama dengan undur - undur yang hidup didarat loh. Undur - undur laut biasanya dipakai sebagai umpan untuk memancing, tetapi undur - undur laut ini juga memiliki khasiat yang sama dengan undur - undur yang hidup didarat loh. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa undur-undur laut mengandung lemak total yang cukup tinggi, berkisar antara 17,22 - 21,56 persen. Kandungan asam lemak omega 3 total (EPA dan DHA) juga cukup tinggi, berkisar antara 7,75 - 14,48 persen dibandingkan dengan beberapa jenis crustacea lain seperti udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting. Sedangkan kandungan EPA (6,41 - 8,43 persen) lebih tinggi dibandingkan kandungan DHA (1,34 - 6,57 persen).

Dengan adanya kandungan asam lemak omega 3 yang dimiliki undur - undur diyakini dapat menaikkan kadar insulin dalam tubuh sehingga dapat menurunkan kadar gula bagi penderita penyakit diabetes. Walaupun sudah banyak terbukti khasiatnya tetapi undur - undur sebagai obat alternative bagi penderita diabetes ini masih menjadi polemik didunia kedokteran hingga sekarang. Dari hasil penelitian undur-undur dapat dikonsumsi langsung.

Hasil penelitian lain menyatakan, binatang ini berfungsi sebagai antidiabetes karena mengandung sulfonilurea. Zat ini melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi/meningkatkan pengeluaran hormon insulin. Ketika insulin dalam tubuh menurun, sementara kadar glukosa darah meningkat, akan terjadi ketidakseimbangan. Insulin sebagai penghasil energi berkurang sehingga tubuh mudah terkena penyakit. Sulfonilurea termasuk agen oral hipoglikemik (zat yang berfungsi menurunkan glukosa darah) pada pengidap diabetes tipe-2.
Keyakinan bahwa undur-undur dapat menaikkan kadar insulin merebak di kalangan masyarakat. Sampai-sampai dokterpun ada yang meresepkan undur-undur untuk mengatasi gangguan akibat kadar gula darah tinggi.

“Saya dikasih tahu ibu saya. Katanya obat tradisional buat ngilangin diabetes,” kata Lestari (45), warga Koja, Jakarta Utara saat ”berburu” undur-undur di Jl Yos Sudarso, akhir Januari lalu.

“Saya merasa lebih bugar setelah mengonsumsi dua ekor undur-undur setiap hari,” kata Suganda (45). Undur-undur mampu mengatasi diabetes, migraine, dan rematik. Undur-undur juga diberikan sebagai pakan burung peliharaan, dengan keyakinan dapat meningkatkan suara merdu burung, meningkatkan stamina burung sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Cara mengonsumsi undur-undur ada 2 macam, pertama, 3-5 ekor undur-undur hidup langsung ditelan sehari dua kali. Kedua, undur-undur tersebut dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kapsulhidup-hidup, baru di minum sehari dua kali

0 comments