TIM astronom Spanyol menemukan planet ekstrasolar (berada di luar sistem tata surya) yang memiliki massa paling kecil. Diberi nama GJ 436T, planet tersebut berjarak 30 tahun perjalanan cahaya dari Bumi.

"Kendati GJ 436T adalah planet ekstrasolar terkecil, massa planet itu masih lima kali lebih besar daripada massa Bumi," ujar ketua tim peneliti, Ignasi Ribas, astronom dari institut riset ilmiah Spanyol CSIC. Tim peneliti mengungkapkan, satu hari di planet GJ 436T setara dengan 4,2 hari di Bumi.

Namun, satu tahun di planet GJ 436T hanya memiliki panjang 5,2 hari di Bumi. Ini menunjukkan bahwa GJ 436T adalah planet yang berjarak sangat dekat dengan bintang yang diorbitinya. Penemuan GJ 436T menambah daftar panjang planet yang ditemukan di luar sistem tata surya.

Saat ini, planet ekstrasolar yang sudah diketahui keberadaannya mencapai sekira 300 buah. Pada awal bulan ini, tim ahli astronomi internasional berhasil menemukan sepuluh planet baru yang berada di luar sistem tata surya. Penelitian itu dilakukan dengan teropong-teropong bintang di Spanyol, Afrika Selatan, Cile, Prancis, Australia, Hawaii, dan Arizona.

0 comments