Sejarah Sepeda Motor
Sama seperti mobil pertama di dunia, sepeda motor pertama di dunia pun lahir di Jerman. Adalah Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, dua pakar mesin empat langkah Jerman, yang menciptakan sepeda motor pertama di dunia.
Pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang.
Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car) dan merupakan sepeda motor pertama di dunia. Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam.
Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil.
Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).



Sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York. Disebut-sebut, pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pennington menyebutkan, sepeda motor yang dia desain itu dapat dipacu dengan kecepatan 93 kilometer per jam, dan ia dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).



Sepeda motor inilah yang dimiliki oleh John C Potter, masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, tahun 1893. Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen. John Potter tercatat sebagai orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia, yang pada waktu masih berada di bawah pendudukan Belanda, dan bernama Hindia Belanda (Nederlands Indie).


karena banyak yg mnanyakan Honda ma Harley Davidson...
saya kasih tambahan... 
jadi bisa bandingin yg mana yg pertama mnciptakan Sepeda motor...

Spoiler for Harley Davidson
SEJARAH Harley Davidson sebenarnya dimulai dari niat William Harley dan Arthur Davidson meneruskan ide para pendahulunya, mulai Sylvester Howard Roper sampai Gottlieb Daimler. ''Tujuannya pun sangat sederhana: supaya bisa melahap tanjakan yang ada di daerah Milwaukee, Wisconsin,'' kata William dan Arthur.

Bandingkan ini dengan keinginan Roper dan Daimler. Roper mengembangkan motor pertama kali pada 1868. Motor ini menggunakan mesin uap. Walau ciptaan Roper tak mendapat sambutan luas, sejumlah idenya, seperti pedal gas di tangan, banyak diadopsi motor masa depan. Selain mesin bertenaga uap, Roper juga menciptakan mesin dua silinder bertenaga arang.

Sementara Gottlieb Daimler dianggap sebagai orang pertama yang benar-benar menciptakan motor pada 1885. Namun, belakangan, Daimler lebih intens berkutat di kendaraan roda empat. Ia dikenal karena persekutuannya dengan Karl Benz membentuk Daimler-Benz Corporation, produsen mobil Mercedes-Benz.

Ketika Harley dan Davidson memulai usahanya, sejumlah terobosan penting lain juga sedang berlangsung. Henry Ford sedang bereksperimen menciptakan mobil pertama. Keluarga Wright juga sedang asyik dengan konsep pesawat terbang. Seperti kita tahu, Ford dan Wright akhirnya sukses. Ford dengan mobil model T-nya, dan Wright dengan rintisan awal pengembangan pesawat udara.

Di sisi lain, Harley dan Davidson berhasil menciptakan ikon penting dalam sejarah kendaraan roda dua. Terobosan paling pentingnya adalah mesin berkonfigurasi V, yang kemudian juga dikenal dengan Knucklehead, Panhead, Shovelhead, Evolution, sampai Twin Cam. Mesin ini belakangan menjadi acuan bagi perusahaan lain, khususnya dari Jepang, dalam membuat motor besar.
HARLEY dan Davidson memulai perjalanan panjang ini pada 1903, ketika usia mereka masih di awal 20-an. Hasil perdana utak-atik dua anak muda ini adalah mesin satu silinder dengan kapasitas 60 cc. Bisa jalan dan berhasil melahap tanjakan dengan gampang. Belakangan, karena sukses ini, dua saudara Arthur, Walter dan William Davidson, ikut bergabung.

Dua tahun kemudian, mereka sepakat melembagakan usahanya itu ke dalam Harley-Davidson Motorcycles Co. Ketika berdiri, perusahaan itu baru memproduksi tiga unit motor. Ketiga motor itu dihasilkan dari ''pabrik'' di halaman rumah milik keluarga Davidson. Yang disebut pabrik itu adalah gubuk kecil di belakang rumah keluarga Davidson.



Spoiler for Honda
Honda Sō'ichirō, 17 November 1906–5 Agustus 1991) adalah seorang industrialis Jepang yang dilahirkan di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.

Honda menghabiskan masa kecilnya membantu ayahnya dalam bisnis reparasi sepeda. Pada saat 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Honda pindah ke Tokyo untuk mencari kerja. Dia bekerja magang di sebuah bengkel pada 1922, dan setelah mempertimbangkan pekerjaannya, ia tetap bekerja di sana selama enam tahun lagi sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobilnya pada 1928 dalam usia 22 tahun.

Honda menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan yang parah - tulangnya patah termasuk di kedua pergelangan tangannya - dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia pindah ke pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS). Pada 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota seharga 450.000 yen (kira-kira sama dengan 1 juta dolar AS jika diukur pada tahun 2003).

Pada 1948 Honda memulai produksi sepeda motor sebagai presiden Honda Corporation. Honda mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan multinasional berharga milyaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia. Rekayasa mesin Honda yang sangat baik dan pemasaran yang pintar membuat Honda berhasil melebihi penjualan sepeda motor Triumph dan Harley-Davidson di pasaran lokal mereka masing-masing.

Honda tetap menjabat presiden perusahaan hingga dia pensiun pada 1973, kemudian tinggal sebagai direktur dan diangkat sebagai "penasehat tertinggi" pada 1983. Setelah pensiun Honda menyibukkan dirinya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan Yayasan Honda. Dia meninggal pada 1991 karena gagal lever.





dari kawan yang baik tentang YAMAHA
Quote:
Originally Posted by eenanakajaib View Post
nambahin nih bos buat sejarah YAMAHA secara singkat aja

Torakusu Yamaha (nama orang) dia adalah pembuat jam dan suka akan musik...Dia lah yang menciptakan Organ pertama di Jepang pada tahun 1887.Menjelang Perang dunia ke 2, Torakusu Yamaha mendapat pesananuntuk membuat propeler (baling2 pesawat tempur jepang).Memang pada perang dunia ke 2, semua home industri dimanfaatkanuntuk memproduksi alat perang apapun.

Karena keterlibatanya ini maka pabrik Torakusu Yamaha jadi sasaranBom tentara AS dan sekutunya....(hancur lebur berantakan).Setelah perang berakhir, maka Torakusu Yamaha kembali membangunpabrik pembuat alat musik tahun 1955 dibawah benderaNIPPON GAKKI di daerah Hamamatsu..Memang Hamamatsu ini adalah pusat sepeda motor di Jepang,dan entah kenapa Suzuki dan Honda pun beasal dari sini.

Atas pengetahuanya tentang permesinan pada pesawat tempur(karena membuat propeler), maka pengetahuan ini diaplikasikanuntuk membuat sepeda motor.Sepeda motor pertama yang dibuat YA 1 ,huruf kanji ini artinya AKA TOMBO

Spoiler for sumber
http://otomotif.infogue.com/sejarah_motor_yamaha


CMIIW

0 comments