Tips Utama :
  1. Lawan! Jangan takut melawan. Berteriak sekencang-kencangnya akan membuat penyerang kaget. Secara psikologis suara keras akan memberikan efek kejut. Bila punya alarm khusus personal, bunyikan. 

  2. Tetap tenang dalam ancaman. Ini sulit, tapi harus bisa dilakukan. Bila sempat kontak mata dan diancam dengan todongan senjata, tatap balik matanya dan berusahalah mencari celah. Penjahat pemula akan grogi dan kesempatan ini bisa dipakai untuk lari.


Tip menghadapi kejahatan di jalanan :
  • Penculik pasti mengincar uang. Di Indonesia belum ada maniak seks yang sampai berani menculik dari tempat umum. Jadi, intinya jangan berpenampilan mewah. Hal ini termasuk memakai pakaian 'yang mengundang' dan mengaktifkan HP di tempat umum.

  • Setiap penjahat pasti memilih sasarannya. Mereka misalnya tidak akan mengambil resiko melakukan tindak kejahatan pada pria berbadan tegap dan berotot. Jadi, baik anda pria maupun wanita, cobalah berjalan dengan tatapan ke depan dan tegap. Jangan berjalan dengan menunduk karena secara psikologis anda terlihat lemah.


Tip Naik Taksi dan Angkutan Umum:
  • Bila anda memang punya uang cukup, naik taksi adalah pilihan terbaik. Akan tetapi pilih taxi yang bagus dan bisa dipercaya. Hati-hati dan waspada bila malam hari untuk memastikan lampu atap taxi palsu yang dibuat mirip dengan taksi resmi.

  • Pastikan nomor polisi taksi, nomor pintu, dan nama pengemudi. Amati baik-baik wajah pengemudi. Bila tidak yakin, jangan naik. Catat di handphone anda dan kirimkan sms ke orang terdekat anda. Misalnya: "Ma, aku naik taxi apa no. polisi berapa pengemudinya namanya siapa dari dekat kampus jam segini."

  • Minta pengemudi taksi membuka bagasi untuk memastikan tidak ada penumpang gelap.

  • Bila menumpang angkutan umum adalah pilihan Anda, pastikan ada penumpang lain di dalamnya dan tidak semuanya pria. Perhatikan dengan baik pula para penumpang. Bila kelihatan saling kenal, jangan naik.

Tips Melakukan Perlawanan:
  • Jangan takut pada senjata apa pun yang dipegang penyerang. Secara psikologis, membunuh orang itu sulit. Jadi bahkan penjahat pun akan berpikir beberapa kali untuk membunuh.

  • Hati-hati melawan bila dari nafas penyerang tercium bau alkohol. Orang mabuk akan meningkat adrenalinnya sehingga cenderung nekat karena otaknya terganggu. Cobalah menyerang keseimbangannya yang terganggu misalnya dengan menendang kakinya.

  • Bawalah alat penyemprot. Bila ada dana, belilah alat penyemprot mata khusus. Tapi bila tidak, anda bisa membawa parfum pria berbotol kaleng yang bisa dibeli di supermarket atau penyemprot penyegar mulut yang bisa dibeli di apotek. Kalau tidak ada juga, coba sedikit kreatif dengan melarutkan campuran cabe dan merica dan dibungkus plastik kecil yang biasa dipakai pedagang es termos. Pakai semua alat ini ke arah mata penyerang.

  • Bagi Anda yang menguasai bela diri, pasti mengetahui ada beberapa titik lemah di tubuh manusia: mata, selangkangan, lutut depan dan belakang, pangkal bahu, dan bagian samping perut. Khusus di pria, ada titik lemah tambahan: jakun di leher. Bagi awam, umumnya mencoba menendang selangkangan pria. Namun ternyata ini justru tidak disarankan terutama bagi wanita. Sebabnya, bagi yang tidak menguasai bela diri, melakukan tendangan setinggi pinggang atau lebih tinggi -apalagi bila penyerang lebih tinggi- sangat sulit. Maka, yang disarankan adalah menendang bagian bawah lutut depan. Inilah bagian yang diketuk dengan palu saat dokter memeriksa refleks seseorang. Dijamin asal tendangan kuat, penyerang akan jatuh terduduk.

  • Bila penyerang lebih dari seorang, pilih yang fisiknya terlihat paling lemah dan serang.

  • Jangan berharap bisa berkelahi ala film kungfu meski anda menguasai bela diri. Begitu penyerang jatuh atau lengah, larilah segera.

  • Bila dibekap dari belakang, masukkan tangan Anda ke arah siku bagian dalam pembekap, tekan ke arah luar untuk melepaskannya. Lari segera begitu terbebas.

  • Tetap berisik dengan berteriak-teriak sewaktu melawan.

0 comments